Tuesday, October 17, 2017

YAYASAN GENERASI INDONESIA DAN LA LIGA SPANYOL SEPAKAT BEKERJASAMA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI MUDA LEWAT BOARD GAME SEPAKBOLA











Pada kesempatan menghadiri World Football Summit di Madrid, 16 – 18 Oktober 2017, Harry Widjaja, pendiri dan CEO Yayasan Generasi Indonesia / IDE.GEN dan Uni Papua FC, pada hari ini, Senin, 16 Oktober 2017,menandatangani naskah Memorandum Saling Pengertian (MoU) tentang Kerjasama Mengembangkan Permainan Board Game Sepakbola Berbasis Karakter, bersama Javier Gomez Molina, Direktur Umum La-Liga, bertempat di Kantor Pusat La Liga, Madrid.

Duta Besar RI di Madrid, Yuli Mumpuni Widarso, yang hadir menyaksikan acara penting tersebut dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa KBRI Madrid yang misinya memperkuat kerjasama dan persahabatan Indonesia – Spanyol menyambut baik dicapainya kesepakatan kerjasama antara Yayasan Generasi Indonesia dan La Liga untuk pengembangan karakter generasi muda di Indonesia, Spanyol dan di negara-negara lainnya. Kerjasama ini penting mengingat kedua pihak sebagai stakeholders sepakbola mempunyai misi memajukan sepakbola yang berprestasi dengan pemain yang berkarakter sportif. Karakter sportif tersebut perlu ditularkan kepada generasi muda lainnya.
Senada dengan Dubes RI, Harry Widjaja menyampaikan bahwa Board Game atau Board International Games, yang oleh La Liga disebut BOGI merupakan jenis permainan papan dengan karikatur pemain sepakbola terkemuka dari berbagai klub sepakbola Spanyol, dengan sejumlah perintah dalam setiap kotaknya. Perintah tersebut memuat nilai-nilai karakter sportif, moral, disiplin dan kejujuran sesuai dengan visi dan misi ID.GEN Uni Papua, serta beberapa perintah teknik dalam permainan sepakbola. 

Sementara itu Direktur Umum La Liga Javier Gomez Molina dalam mengawali sambutannya menyampaikan kebahagiaannya bahwa La Liga dapat mempunyai kerjasama dengan mitra di Indonesia yang merupakan negara dengan jumlah pencinta sepakbola terbesar di dunia. Ini merupakan pertama kalinya bagi La Liga Spanyol, penyelenggara kompetisi antar klub sepakbola di Spanyol, mengadakan kerjasama dalam pengembangan karakter sportif melalui permainan papan. Kesepakatan kerjasama tersebut dicapai oleh kedua pihak setelah La Liga pada bulan Juni 2016 membuka perwakilannya di Indonesia, dipimpin oleh Rodrigo Gallego.  

BOGI dipromosikan sebagai model permainan Papan Kreatif yang memuat nilai-nilai penguatan pendidikan karakter sportif yang tidak hanya diperuntukan bagi anak-anak tapi juga semua tingkatan usia, terutama para pencinta permainan sepakbola. Sebagaimana permainan papan pada umumnya, seperti ular tangga, BOGI juga dapat dimainkan oleh 2 sampai 4 orang dengan menggunakan bidak berbeda dan dadu sebagai panduan untuk melangkah.

Manfaat dari BOGI diantaranya memberikan pengalaman kepada para pemainnya, melalui proses pembelajaran bermain sambil belajar, merangsang daya pikir, daya cipta dan bahasa agar mampu menumbuhkan sikap, mental serta aklak yang baik. Selain itu dapat melatih para pemainnya untuk belajar bekerjasama dan menunggu giliran, serta mengenal kalah menang dalam sebuah permainan. Kedepannya BOGI diharapkan dapat menjadi pilihan permainan alternatif generasi muda Indonesia untuk membentuk karakter sportif.
KBRI Madrid mengharapkan, kiranya MoU BOGI ini akan menjadi awal bagi kerjasama berikutnya antara La-Liga Spanyol dan Yayasan Generasi Indonesia ID.GEN Uni Papua dalam mengembangkan gerakan sepakbola sosial di Indonesia, dengan aspek kemanusiaan dan perdamaian, serta memajukan kepentingan pendidikan karakter generasi muda.

 Madrid, 16 Oktober 2017




3 comments:


  1. assalamualaikum wr,wb
    Ki nawe… saya Pak Wendi,tki di malaysia
    mengucapkan banyak2 terima
    kasih kepada ki.Nawe
    atas dana ghaib yang
    kemarin aki berikan alhamdulillah ternyata itu benar2 ada
    dan berkat bantuan
    ki nawe saya bisa
    melunasi semua hutan2
    orang tua saya yang ada di
    BANK BRI dan bukan hanya
    itu AKi NAWE alhamdulillah
    sekarang saya sudah bisa
    bermodal sedikit untuk
    mencukupi kebutuhan
    keluarga saya sehari2. itu
    semua berkat bantuan KI NAWE sekali lagi
    makasih banyak yah KI NAWE…
    yang ingin merubah nasib
    seperti saya hubungi KI NAWE di nomor
    0852-1837-9259 dijamin
    100% ada atau silahkan
    buktikan sendiri PESUGIHAN TANPA TUMBAL

    ReplyDelete

DUTA BESAR " SEPAKBOLA SOSIAL" DI SPANYOL.

Madrid, Spanyol. 22 November 2017 Duta Besar Republik Indonesia dan Berkuasa Penuh untuk Spanyol Dubes Yuli Mumpuni Widarso akan meng...