Monday, October 16, 2017

Laliga BOGI, permainan papan bermuatan karakter ala Uni Papua



Madrid, 16 Oktober 2017. Yayasan Generasi Indonesia Internasional (ID.Gen) melalui komunitas sepakbola sosialnya Uni Papua, membangun kerjasama dengan operator sepakbola Spanyol ternama, Laliga untuk  mengembangkan gerakan sepakbola sosial di Indonesia melalui permainan papan kreatif yang diberi nama Laliga BOGI atau Board International Games. Laliga Bogi adalah permainan papan yang berisi karakter pemain sepakbola dari klub-klub sepakbola Spanyol, diantaranya ada Lionel Messi dari klub Barcelona, Christian Ronaldo dari Real Madrid, dari RCD Spanyol ada Segio Gracia dan Diego Lopez, sementara dari Atletico Madrid adan karakter Antoine Griezman dan Jan Oblak, Simone Zaza dari Valencia, serta Samu Gracia dan Jonathan Dos Santos dari Villareal CF.

Penandatangan MoU oleh kedua belah pihak dilaksanakan pada hari Senin 16 Oktober 2017 pukul 15.30 waktu Madrid atau 21.30 waktu Jakarta, di kantor Pusat Laliga di Madrid Spanyol. ID.Gen-Uni Papua langsung ditandatangani oleh CEO Harry Widjaja sedangkan Laliga ditandatangani oleh General Director-nya Mr Javier Gomez Molina. Kerjasama ini diharapkan dapat membawa warna baru dalam pengembangan sepakbola sosial di Indonesia serta turut mendukung penguatan pendidikan karakter khususnya bagi generasi muda Indonesia.

Laliga BOGI pada dasarnya sejenis permainan papan seperti ular tangga, monopoli atau Ludo yang sering dimainkan oleh banyak kalangan. Namun yang membedakannya adalah setiap kotak Laliga BOGI berisi karater pemain sepakbola dan juga perintah-perintah yang memuat nilai-nilai moral, disiplin, dan kejujuran serta respect dan beberapa perintah dalam teknik permainan sepakbola profesional. Laliga BOGI dapat dimainkan 2 sampai 4 orang dalam sekali pertandingan, tujuan akhirnya adalah gawang atau gol. 


Namun yang terpenting justru pada saat proses permainan dimana setiap pemain harus membacakan perintah yang tertera di dalam kotak dimana bidaknya berhenti. Perlengkapan bogi cukup sederhana, hanya terdiri dari 1 papan Bogi, 4 bidak berbeda warna dan 1 dadu serta wadah untuk memainkan dadu tersebut serta dapat dimainkan oleh setiap kelompok usia.

Manfaat dari Laliga BOGI diantaranya, memberikan penglaman bagi para pemainnyah melalui proses pembelajaran bermain sambil belajar, merangsang daya pikir, daya cipta dan bahasa agar mampu menumbuhkan sikap, mental serta akhlak yang baik. Selain itu juga dapat melatih para pemainnya untuk belajar bekerjasama dan menunggu giliran, serta mengenal menang dan kalah dalam sebuah permainan.

Kedepannya Laliga BOGI diharapkan dapat menjadi media belajar alternatif khususnya untuk penguatan pendidikan karakater generasi muda. Rencananya Laliga BOGI akan dibagikan secara gratis di setiap sekolah yang mau bekerjasama dengan yayasan ID.Gen-UniPapua.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk segera memainkan Laliga Bogi bersama teman-teman Anda? Dijamin pasti seru. 


-fa-

2 comments:

DUTA BESAR " SEPAKBOLA SOSIAL" DI SPANYOL.

Madrid, Spanyol. 22 November 2017 Duta Besar Republik Indonesia dan Berkuasa Penuh untuk Spanyol Dubes Yuli Mumpuni Widarso akan meng...